Visi & Misi

  1. Visi

Visi SD Tulus Kartika adalah ”Menjadikan SD Tulus Kartika sebagai sekolah unggulan di Bidang IMTAQ (Iman dan Taqwa) dan ILTEKS (Ilmu Teknologi dan Sosial) di Kota Bandung”.

Kami memilih visi ini untuk tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Visi ini menjiwai warga sekolah untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan sekolah.  

Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita sekolah yang:

  1. Berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian
  2. Sesuai dengan norma dan harapan masyarakat dalam kehidupan beragama
  3. Ingin mencapai keunggulan berlandaskan keimanan dan ketakwaan
  4. Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga sekolah
  5. Mendorong adanya perubahan yang lebih baik
  6. Mengarahkan langkah-langkah strategis (misi) sekolah.

Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas.

  1. Misi

       Misi SD Tulus Kartika Bandung memberikan arah dalam mewujudkan visi satuan pendidikan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Misi ini pun merupakan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu 5 (lima tahun), yaitu tahun 2025.

       Misi SD Tulus Kartika Bandung menjadi dasar program pokok SD Tulus Kartika Bandung. Dalam mengimplementasikan misi SD Tulus Kartika Bandung menekankan pada kualitas layanan kepada peserta didik dan mutu lulusan yang diharapkan oleh SD Tulus Kartika Bandung.

  1. Misi Secara Umum:

Mewujudkan SD Tulus Kartika menjadi sekolah yang memberikan pelayanan proses pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif oleh pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional di lingkungan yang kondusif sehingga dapat menghantarkan lulusan berkualitas berakhlak mulia dengan dukungan kuat dari masyarakat dan stake holder lainnya.

  1. Misi Secara Khusus:
  2. Mewujudkan lulusan yang memiliki keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  3. Mewujudkan lulusan yang memiliki Ilmu, Teknologi, dan Sosial yang mampu mengikuti perkembangan zaman.
  4. Membantu mewujudkan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang memiliki profesionalisme sesuai dengan standar nasional tentang Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
  5. Menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan standar pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan kolaboratif.
  6. Menciptakan Kegiatan Ekstrakurikuler yang menunjang pencapaian kompetensi lulusan.
  7. Menumbuhkembangkan dan melestarikan budaya lokal dalam bahasa.
  8. Menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang kondusif mendorong peningkatan kualitas suasana pembelajaran, dan hasil pembelajaran yang maksimal.
  9. Menghasilkan peserta didik dan lulusan yang memiliki kualitas kompetensi kompetitif.
  10. Mengadakan pengembangan partisipasi masyarakat terhadap sekolah dan terciptanya jejaring dengan berbagai stake holder,
  11. Mendorong tenaga pendidik dan peserta didik untuk menerapkan IT (Mobile learning Based on Android) pada pembelajaran dan pengelolaan kelas.
  12. Menumbuhkembangkan sikap disiplin dan etika dalam kehidupan sosial di sekolah, di rumah, dan di masyarakat.

Dalam mengembangkan misi secara operasional, Tim pengembang KTSP pada satuan pendidikan SD Tulus Kartika dapat melakukan implementasi terhadap berbagai kegiatan berdasarkan masukan dari segenap pihak yang berkepentingan, termasuk komite sekolah dan diputuskan oleh rapat dewan guru yang dipimpin oleh kepala Sekolah Dasar Tulus Kartika. Setelah dirumuskan, misi SD Tulus Kartika disosialisasikan kepada warga dan orang tua SD Tulus Kartika dan segenap pihak yang berkepentingan. Setelah mendapatkan masukan dan diimplementasikan, maka misi ini dapat ditinjau dan disempurnakan kembali secara berkala sesuai dengan perkembangan dan tantangan di masyarakat.

Tujuan

Berkenaan dengan tujuan operasional pendidikan SD, dinyatakan di dalam Kurikulum Pendidikan Dasar yaitu memberi bekal kemampuan dasar membaca, menulis dan berhitung, pengetahuan dan ketrampilan dasar yang bermanfaat bagi siswa sesuai dengan tingkat perkembangannya, serta mempersiapkan mereka untuk mengikuti pendidikan di SLTP.

Searah dengan tujuan pendidikan dasar, tujuan pendidikan di SD Tulus Kartika sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang taat menjalankan agama yang dianutnya dan berbudi pekerti luhur
  2. Membentuk tenaga pendidik dan non kependidikan yang profesional dalam menjalankan tugasnya
  3. Menciptakan kegiatan pembelajaran kurikuler dan ekstrakurikuler yang berkualitas
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan bakatnya
  5. Menyediakan sarana prasarana yang memadai dan berkualitas
  6. Menciptakan hubungan yang harmonis antar sesama warga sekolah dan masyarakat
  7. Memanfaatkan teknologi informasi pada pengelolaan pembelajaran berupa Mobile learning Based on Android bagi Tenaga Pendidik dan peserta Didik
  8. Pemerataan yang merujuk kepada asas keadilan dan persamaan hak bagi siapa saja untuk mengenyam pendidikan tanpa dibatasi oleh berbagai kendala.
  9. Memberikan fasilitas dan menjadi fasilitator Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kepada seluruh peserta didik tanpa dibatasi oleh berbagai kendala.
  10. Kualitas, yaitu berkenaan dengan jaminan standar pengajar, materi bahan ajar dan ujian, dan proses pembelajaran interaktif yang berbasis teknologi komunikasi dan informasi.

Untuk mencapai tujuan di atas, maka ditetapkan beberapa program pokok SD Tulus Kartika, antara lain:

  1. Memperkuat program hafalan surat-surat pendek, do’a, pembacaan asmaul husna dan tadarus setiap pagi sebelum belajar, pelaksanaan sholat dhuha, solat dzuhur dan ashar berjamaah, hafalan hadist, hafalan kosa kata bahasa Arab, baca tulis Quran, pesantren Ramadhan serta kegiatan pelaksanaan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI).
  2. Mengembangkan program pembentukan akhlakul karimah melalui kunjungan ke panti asuhan, panti jompo, tadzabur alam atau program muhasabah
  3. Memberikan beasiswa kepada tenaga kependidikan untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi
  4. Melaksanakan Lesson Study dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
  5. Melaksanakan Loka Karya Kurikulum
  6. Melaksanakan program percepatan kompetensi bagi peserta didik kelas VI
  7. Memberikan program pengayaan mengenai kesehatan di lingkungan sekolah bagi peserta didik
  8. Memperkuat kegiatan kepramukaan dan bela Negara
  9. Meningkatkan profesionalisme Tenaga Pendidikan dan Kependidikan melalui berbagai pelatihan/Bimtek seperti Pelatihan pengelolaan pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, kursus Bahasa Inggris, pembuatan soal HOTS, pelatihan pendalaman Matematika, dan lain-lain
  10. Membuat ungkapan/instruksi bahasa Inggris dalam kelas untuk guru
  11. Memperkuat kompetensi peserta didik dalam bidang Ilmu Teknologi (IT)
  12. Memperkuat pelestarian budaya lokal.
  13. Memperkuat sikap disiplin dan etika dalam kehidupan sosial di sekolah, di rumah, dan di masyarakat.
  14. Mengadakan pelatihan dan penerapan pembelajaran PAKEM saintifik tematis dan Bilingual
  15. Mengadakan pemilihan Guru Berprestasi
  16. Mengadakan pembuatan dan penerapan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD).
  17. Membuat alat peraga pembelajaran sederhana.
  18. Menambah jumlah mushaf Al-Qur’an sebagai penunjang kegiatan mengaji.
  19. Mengadakan penambahan buku non akademik untuk menunjang program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) “Gemar Membaca”, dan mengadakan kunjungan Literasi
  20. Penambahan dan perbaikan sarana dan prasarana perpustakaan.
  21. Membuat dan menempelkan label nama-nama (nama latin, bahasa inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa daerah) tumbuhan di sekitar sekolah.
  22. Mengadakan pengawasan terhadap makanan yang beredar di lingkungan sekolah
  23. Mengadakan instrumen penilaian akademik dan non akademik.
  24. Mengadalan tes ulangan harian, ulangan umum, dan ujian sekolah.
  25. Memperkuat program penyusunan porto folio peserta didik.
  26. Meningkatkan kualitas program pembelajaran/silabus.
  27. Melaksanakan analisis evaluasi proses dan hasil belajar.
  28. Menyusun Remedial Teaching baik secara manual maupun berbasis IT.
  29. Mengadakan pembinaan kelompok MIPA dan Bahasa Inggris
  30. Mengadakan pembinaan bagi peserta didik unggulan (MIPA, Sapta lomba, expo PAI, FLS2N, O2SN) untuk persiapan perlombaan baik tingkat gugus, kecamatan dan provinsi.
  31. Mengadakan kerjasama dengan LPTK dalam rangka memberikan layanan pengembangan diri dan konseling / clinic treatment kepada peserta didik.